Manfaat lompat jauh

MAKALAH OLAHRAGA LOMPAT JAUH

Mereka yang berniat menjadi seorang atlit professional haruslah memiliki kecepatan, kekuatan, daya ledak, keseimbangan, keterampilan serta koordinasi yang bagus. Manfaat yang bisa kita rasakan adalah, kita akan terbiasa melayang di udara dengan lentingan, akan memberikan hasil loncatan yang lebih baik dan juga membuat otot tungkai kita menjadi lebih kuat dibandingkan dengan sebelumnya.

Beberapa jarak yang umum antara lain 10 hingga 19 langkah untuk atlet pemula dan manfaat lompat jauh, sementara untuk level lebih tinggi adalah 20 hingga 22 langkah. Jika didefenisikan, maka secara sederhana apa yang dimaksud dengan lompat jauh adalah upaya mencapai jarak paling jauh dengan satu kali tolakan.

Berikut adalah beberapa manfaat yang dapat kita ambil dalam melakukan olahraga lompat jauh ini 1. Saat melayang di udara Untuk manfaat ketiga yang dapat kita ambil adalah pada saat kita melayang di udara, tentu saja dalam hal ini perlu kekuatan yang lebih untuk mempertahankan manfaat lompat jauh kita agar bisa lebih lama melayang dan mencapai target yang maksimum sesuai dengan kemampuan yang telah kita punyai disertai dengan teknik yang mumpuni.

Mengatur nafas dan juga momentum yang pas untuk melakukan tolakan Dengan adanya awalan, maka para atlet akan dengan mudah mengatur nafas mereka, dan jug amenentukan momentum yang pas dan juga tepat untuk melakukan tolakan.

Hal lain yang perlu diperhatikan pada gaya berjalan di udara adalah manfaat lompat jauh, akselerasi, ketepatan waktu, dan energi disaat melakukan awalan sebelum melakukan lompat jauh di atas balok tumpuan. Latihan dengan awalan lari — dapat dilakukan dengan melakukan awalan lari dari 3 hingga lima langkah sebelum tolakan, lalu bertumpu pada satu kaki di papan tolakan dan kemudian melayang dengan gaya menggantung di bak pasir.

Karena keberadaannya sejak abad 13 hingga saat ini, maka lompat jauh sendiri tentu saja merupakan salah satu cabang olah raga atletik yang sudah tidak asing lagi. Agar memperoleh hasil maksimal, kecepatan lari dalam melakukan awalan ini harus tetap konsisten atau tidak boleh dikurangi.

Sebelum tumit atlit lompat jauh benar-benat menyentuh medium pendaratan, ia harus benar-benar meluruskan kakinya ke depan.

Kaki harus bertumpu tepat di papan tumpuan dan perhatikan batas tumpuan. Tentunya hal manfaat lompat jauh akan berpengaruh pada hasil dari lompat jauh tersebut.

Tolakan dalam lompat jauh harus menggunakan salah satu kaki yang paling kuat. Untuk manfaat dalam melakukan tolakan ini sendiri adalah tolakan yang biasa kita lakukan akan menjadi lebih ringan, lebih focus untuk melakukan tolakan ke papan tolak yang ada serta juga terbiasa dari diberi beban pada saat melakukan tolakan dan setelah dilakukan pelepasan beban tersebut, tolakan yang akan kita lakukan akan terlihat lebih baik, benar dan optimal hasil yang akan dicapainya.

Setelah mendarat, pastikan tidak keluar atau kembali ke tempat awalan sebab membuat pengukuran berubah. Untuk mengasah 4 teknik lompat jauh diatas, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan, diantaranya: Untuk mencapai kecepatan maksimal dalam melakukan tolakan Manfaat awalan pada lompat jauh adalah untuk mencapai kecepatan maksimum, dari seorang atlet ketika akan melakukan tolakan.

Sedangkan melompat dengan jari kaki dapat menurunkan kestabilan, kemungkinan lutut yang tertekuk hingga keadaan tubuh yang menjadi tidak stabil jatuh atau roboh.

Berikut ini adalah 3 macam gaya dalam lompat jauh dan penjelasannya. Seperti suda disebutkan sebelumnya, awalan merupakan teknik pertama yang harus dilakukan sebelum melakukan lompat jauh.

Tolakan merupakan gerbang menuju poisis tubuh atlit pada saat ia melayang menuju titik terjauh lompatannya. Dalam keadaan bertumpu, tangan sebaiknya ikut diayunkan. Atlet pada umumnya memulai lari dengan berfokus pada kecepatan, di mana semakin tinggi kecepatan, maka akan semakin jauh jarak lompatan yang diperoleh.

Beberapa kesalahan umum yang sering dilakukan para atlet lompat jauh, khususnya bagi pelompat pemula antara lain: Pendaratan yang baik adalah pendaratan di mana kedua kaki dan tangan berada di bagian depan tubuh. Tentu saja guru kita mengajarkan olahraga ini bukan tanpa suatu sebab atau tanpa suatu keuntungan buat kita, yah tentu saja selain olahraga ini merupakan cabang yang menantang, olahraga ini tentu saja juga dapat menyehatkan badan kita dan juga memberikan manfaat yang lebih pada badan kita sendiri.

Lalu saat pendaratan maka akan diawali dengan digunakannya tumit kaki yang sedikit ditekuk untuk awalan pendaratan. Saat pendaratan, maka kedua kaki akan diluruskan ke depan dan mendarat dengan menggunakan kedua tumit terlebih dahulu untuk menjaga keseimbangan tubuh saat melakukan pendaratan.

Dengan berlari maka tubuh para atlet akan lebih hangat, menjadi lebih stabil dalam melakukan proses berikutnya yaitu proses tolakan. Agar dapat melakukan tolakan yang baik dan sempurna Manfaat kedua adalah, agar tolakan yang dilakukan oleh atlet dapat menjadi lebih sempurna.

Pada gaya menggantung ayunan ke belakang dan depan akan diterapkan pada kaki, pun bersamaan dengan kedua lengan yang juga diayunkan ke belakang dan ke depan. Sesuaikan panjang lintasan awalan, sesuai dengan kampuan masing — masing atlet dalam mencapai kecepatan maksimal dalam berlari Awalan dengan berlari harus dimulai dengan perlahan, jangan langsung berlari denan cepat, lakukan proses ini secara bertahap, mulai dari jalan, jalan cepat, berlari ringan, hingga akhirnya berlari pada kecepatan maksimum Ketika sudah hampir mencapai titik tolak, jangan pernah memperlambat laju lari, tapi lepaskan saja, dan langsung melompat dengan penuh percaya diri.

Selain itu, dengan mempelajari teknik mendarat dengan tepat, hal ini akan meningkatkan nilai estetika atau keindahan dari olahraga lompat jauh itu sendiri. Apabila salah dalam posisi tubuh ketika berada diudara, maka gaya angin malahan akan membuat tubuh menjadi lebih melambat ketika melompat, yang menyebabkan hasil yang kurang maksimal.

Saat mendarat Manfaat yang terakhir adalah pada saat kita melakukan pendaratan, dimana pada saat dilakukan pendaratan ini adalah momen yang sangat kita tunggu, apakah kita bisa menghasilkan lompatan yang terbaik ataupun tidak. Dikarenakan tentu saja terkendala pada lapangan yang harus disediakan untuk melakukan olahraga ini, juga olahraga ini merupakan cabang olahraga atletik yang biasanya hanya diperlombakan dan untuk sekolah hanya untuk pengambilan nilai saja, jadi untuk sekarang ini masih jarang masyarakat yang melakukan olahraga ini.

Dalam melakukan awalan lompat jauh, ada beberapa teknik yang harus diperhatikan dan dipahami betul-betul, yaitu: Mendarat Teknik untuk mendarat pun juga harus dipelajari dan dipahami dengan sangat baik.

Hal ini dimaksudkan agar jarak di anatar kedua kakinya tidak terlalu berjauhan. Beberapa tahap gerakan pada lompat jauh gaya jongkok adalah sebagai berikut: Untuk bisa melakukan, pelompat harus memperhatikan beberapa hal penting seperti berikut ini: Sikap tubuh ketika berada diudara mempengaruhi seberapa jauh seorang atlet dapat melompat.Lompat Jauh – Pengertian Lompat jauh adalah jenis olahraga atletik yang membutuhkan kecepatan, ketangkasan dan kekuatan seorang atlet untuk melompat sejauh mungkin dari titik lepas landas atau garis lompat kemudian melayang di udara dan mendarat sejauh-jauhnya dalam bak robadarocker.com: [email protected] Manfaat Makalah ini diharapkan dapat berguna: 1.

Sebagai masukan bagi guru-guru penjaskes dan pembina maupun pelatih olahraga dalam upaya memberikan latihan fisik khususnya untuk meningkatkan kemampuan power dalam lompat jauh 2. Sebagai langkah awal bagi pengembangan dan peningkatan proses belajar untuk meningkatkan kemampuan lompat jauh. 3. Sebagai bahan referensi pada.

Manfaat awalan pada lompat jauh adalah untuk mencapai kecepatan maksimum, dari seorang atlet ketika akan melakukan tolakan.

5 Manfaat Awalan pada Lompat jauh

Dengan adanya kecepatan maksimum yang dapat dicapai oleh atlet dalam awalan, maka kekuata dalam menolak pun akan menjadi lebih besar. Hal ini berpengaruh pada hasil dari lompat jauh.

LOMPAT JAUH : Pengertian, Sejarah, Lapangan & Teknik Dasar Lompat Jauh

Lompat jauh sendiri jarang sekali menjadi permainan yang dimainkan oleh masyarakat biasanya ketimbang dengan permainan sepak bola, voli, basket, tenis maupun yang lainnya. Dikarenakan tentu saja terkendala pada lapangan yang harus disediakan untuk melakukan olahraga ini, juga olahraga ini merupakan cabang olahraga atletik yang biasanya hanya diperlombakan dan untuk sekolah hanya .

Manfaat lompat jauh
Rated 0/5 based on 42 review