Klasifikasi berat badan lahir rendah pdf

Selain itu bayi BBLR tidak dapat beradaptasi dengan asfiksia yang terjadi selama proses kelahiran sehingga dapat lahir dengan asfiksia perinatal. Pelestarian suhu tubuh Bayi dengan berat lahir rendah, mempunyai kesulitan dalam mempertahankan suhu tubuh.

Penanganan secara umum: Kehamilan pada umur lebih dari 35 tahun juga mempunyai resiko lebih tinggi untuk terjadinya kelahiran BBLR sehubungan dengan alat reproduksinya telah berdegenerasi dan terjadi gangguan keseimbangan hormonal.

Bila mengkonsumsi alkohol pada trimester kedua saat terjadi perkembangan ukuran sel, maka akan berpengaruh pada berat janin yang dikandungnya. Pada bayi premature mudah dan cepat sekali menderita hipotermi bila berada di lingkungan yang dingin.

Pencegahan Infeksi Infeksi adalah masuknya bibit penyakit atau kuman kedalam tubuh, khususnya mikroba. Kekurangan zat besi dapat menimbulkan gangguan atau hambatan pada pertumbuhan janin baik sel tubuh maupun sel otak. Adanya BB yang stabil, panjang badan sesuai dengan usianya tidak ada pembesaran lingkar kepala dapat menunjukan kondisi neonatos yang baik.

Laporan Pendahuluan BBLR pada Bayi NANDA NIC NOC dan pathway pdf

Resiko kematian maternal, angka prematuritas, berat badan bayi lahir rendah, dan angka kematian perinatal meningkat. Karena selama hamil zat-zat gizi akan terbagi untuk ibu dan untuk janin yang dikandungnya.

ASI merupakan pilihan pertama, dapat klasifikasi berat badan lahir rendah pdf melalui kateter sondeterutama pada bayi yang reflek hisap dan menelannya lemah.

Air susu yang paling baik adalah ASI. Ibu dengan pendidikan yang cukup akan melakukan hal-hal yang diperlukan oleh bayi.

Hiperbilirubinemia Karena fungsi hati pada bayi dismatur belum matang dan hipotermia. Pengamatan Lebih Lanjut Bila bayi berat lahir rendah dapat mengatasi problematik yang dideritanya perlu diamati selanjutnya oleh karena kemungkinan bayi ini akan mengalami gangguan pendengaran, penglihatan, kognitif, fungsi motor susunan saraf pusat dan penyakit penyakit seperti Hidrosefalus, Cerebral palsy dan sebagainya.

Inkubator Bayi dengan berat badan lahir rendah, dirawat didalam incubator. Resusitasi yang adekuat, pengaturan suhu, terapi oksigen b. Jaringan lemak bawah kulit sedikit, tulang tengkorak lunak dan mudah bergerak, abdomen buncit, tali pusat tebal dan segar, menangis lemah, kulit tipis, merah dan transparan.

Alat ini berguna untuk mengurangi kehilangan panas karena radiasi. Jadi bayi laki-laki seringkali lebih berat dari bayi perempuan.

ASI juga dapat dikeluaekan dan diberikan pada bayi yang tidak cukup mengisap. Kelembaban yang lebih tinggi diperlukan pada bayi dengan syndroma gangguan pernapasan. Penanganan bayi Semakin kecil bayi dan semakin premature bayi, maka semakin besar perawatan yang diperlukan, karena kemungkinan terjadi serangan sianosis lebih besar.

Suhu inkubator dapat diturunkan 1 0C per minggu untuk bayi dengan berat badan gram dan secara berangsur — angsur ia dapat diletakkan didalam tempat tidur bayi dengan suhu lingkungan 27 0C 0C.

Di Indonesia anemia umumnya disebabkan oleh kekurangan zat besi, sehingga lebih dikenal dengan istilah Anemia Gizi Besi. Menurut Kloosterman perbedaan ini dapat mencapai gram pada kehamilan 40 minggu.

Pengaruh umur kehamilan terhadap risiko kejadian BBLR Untuk mengetahui umur kehamilan dengan mengetahui hari pertama haid terakhir HPHTsedangkan secara klinik umur kehamilan dapat diketahui dengan mengukur berat lahir, panjang badan, lingkaran kepala.

Tetapi diagnosis dini dapat ditegakkan jika cukup waspada terhadap perubahan kelainan tingkah laku bayisering merupakan tanda infeksi umum.

Pengaruh pendidikan ibu terhadap kejadian BBLR Tingkat pendidikan seorang ibu akan sangat berpengaruh dalam penerimaan informasi yang diterima. Kehamilan yang berulang akan mengakibatkan kerusakan pada pembuluh darah dinding uterus yang mempengaruhi sirkulasi nutrisi ke janin dimana jumlah nutrisi akan berkurang bila dibandingkan dengan kehamilan sebelumnya.

Berat badan kurang dari 2. Terhadap Janin Kekurangan gizi pada ibu hamil dapat mempengaruhi proses pertumbuhan janin. Makanan Makanan bayi premature reflek hisaptelan dan batuk belum sempurna,kapasitas lambung masih sedikit, kebutuhan protein gr per hari dan tinggi kalori kalori per kg berat badan per hari.

Kulit sangat mudah mengalami eksoriasi dan terkelupas; harus diperhatikan jangan sampai merusak struktur yang halus tersebut.

Pemeriksaan kromosom sesuai indikasi. Usia ibu: Hipertensi kronis c. Semua produk kulit misal: Hampir semua lemak, glikogen, dan mineral, seperti zat besi, kalsium, fosfor dan seng dideposit selama 8 minggu terakhir kehamilan. Pada bayi kecil untuk masa kehamilan alat-alat dalam tubuh lebih berkembang di bandingkan dengan bayi premature berat nadan sama, karena hal itu akan mudah hidup di luar rahim, namun tetap lebih peka terhadap infeksi dan hipotermi di bandingkan matur dengan berat badan normal.Bayi berat badan lahir rendah (BBLR) adalah berat badan bayi yang baru lahir tidak sesuai dengan usia kehamilan.

Misalnya bayi yang lahir dengan berat badan. Beberapa pengertian tentang bayi baru lahir rendah (BBLR), menurut pantiawati (, h.1) mengatakan BBLR adalah bayi dengan berat badan lahir kurang dari gram. Pdf dateien bearbeiten kostenlos download.

· Laporan Pendahuluan (LP) Berat Badan Lahir Rendah (BBLR) pada Bayi NANDA NIC NOC dan pathway pdf. Bayi berat badan lahir rendah ialah bayi baru lahir yang berat badannya saat lahir kurang dari gram (WHO, ). Berat badan lahir rendah adalah bayi dengan berat badan kurang dari gram pada waktu lahir.

(Huda dan Hardhi, ). Klasifikasi Ada beberapa cara dalam mengelompokkan BBLR (Proverawati dan Ismawati, ): a.

Menurut harapan hidupnya 1) Bayi berat lahir rendah (BBLR) dengan berat lahir gram.

2) Bayi berat lahir sangat rendah (BBLSR) dengan berat lahir gram. 3) Bayi berat lahir ekstrim rendah (BBLER) dengan berat lahir kurang dari gram. b. Menurut masa gestasinya 1). Berat badan lahir rendah (BBLR) adalah bayi baru lahir dengan berat badan pada saat kelahiran kurang dari gr atau lebih rendah (WHO, ).

Asuhan Keperawatan (ASKEP) Berat Badan Lahir Rendah (BBLR) lengkap, doc dan pdf

Berat badan lahir rendah (BBLR) Merupakan bayi (neonatus) yang lahir dengan memiliki berat badan kurang dari Author: Doni Ice.

Klasifikasi berat badan lahir rendah pdf
Rated 0/5 based on 60 review