Berat badan ternak mempengaruhi produksi sperma

Keberhasilan IB pada ternak ditentukan oleh beberapa faktor, yaitu kualitas semen beku strawkeadaan sapi betina sebagai akseptor IB, ketepatan IB, dan keterampilan tenaga pelaksana inseminator. Kualitas semen yang digunakan untuk inseminasi buatan harus memenuhi persyaratan seperti volume, warna, pH, konsistensi, motilitas, konsentrasi, dan morfologi sperma untuk mempertahankan kualitas semen.

Menurut Kidder et. Fouler Intensitas libido dan produsi sperma secara makroskopis dan mikroskopis diobservasi setiap tiga hari sebanyak 3 kali. Sapi yang dikawinkan pada 90 hari setelah beranak mengurangi produksi susu sebanyak — kg dalam periode hari disbanding sapi yang dikawinkan hari setelah beranak.

Musim; pemeriksaan ovaria pada babi di rumah potong menunjukkan bahwa musim pemotongan, jadi musim kelahiran, mempunyai pengaruh sangat nyataterhadappubertas.

Pada hewan jantan, pubertas ditandai oleh kesanggupan berkopulasi dan menghasilkan sperma disamping perubahan — perubahan kelamin skunder lain.

Ovulasi biasa terjadi pada siang hari, terutama pada jam-jam pagi dan jarang terjadi setelah jam Gejala — Gejala Birahi Selama estrus, sapi betina menjadi sangat tidak tenang, kurang nafsu makan, dan kadang — kadang menaiki sapi — sapi betina lain dan akan diam berdiri bila dinaiki.

Sebelum pubertas, saluran reproduksi betina dan ovarium perlahan — lahan bertambah ukuran dan tidak menunjukkan aktivitas fungsional. Toelihere, M.

Kasusnya berat badan ternak mempengaruhi produksi sperma terjadi beberapa hari sampai beberapa minggu pasca melahirkan.

Hewan betina harus menghasilkan ovum yang hidup dan di ovulasikan pada waktu yang tepat. Kemungkinan hal ini disebabkan oleh varias- variasi sewaktu estrus, terutama pada sapi dengan periode berahinya yang terpendek di antara semua ternak mamalia.

Letak ke arah kaudal, menyilang ureter dan bermuara pada kloaka sebelah lateral urodeum. Setiap folikel bertumbuh cepat selama 2 atau 3 hari sebelum estrus.

Seminar Nasional Teknologi Peternakan dan Veteriner. Syawal, M. Corpus luteum menjadi matang dan pengaruh hormone progesterone terhadap saluran reproduksi menjadi nyata. Hal ini berarti bahwa timbulnya pubertas mungkin berhubungan melalui beberapa jalan dengan suatu perubahan keseimbangan antara pengeluaran gonadotropin dan hormone pertumbuhan oleh kelenjar adenohypophisa.

Uterus kembali pada ukuran dan posisi semula dikenal dengan involusi dan mempersiapkan diri untuk kebuntingan berikutnya: Proses ini melibatkan beberapa perubahan termasuk pembentukan akrosom, kepala, midpice,dan ekor. Semoga tips cara cepat hamil kali ini bermanfaat. Faktor genetik umumnya bersifat stabil dalam mengatur tingkat libido ataupun kualitas semen yang dihasilkan.

New 'fork, London. Produksi Air Susu Induk Semakin banyak air susu diproduksi oleh induk, akan kian banyak pula jumlah susu yang didapat oleh anak, dan ini akan meningkatkan pertumbuhan yang lebih cepat.

Kondisi betina, meliputi kesehatan dan anatomi organ reproduksi, Body Condition Score BCSlingkungan dan pakan, ektoparasit dan endoparasit.

Oleh karena itu, dilakukan penelitian tentang suplementasi ampas tahu dalam pakan rumput lapangan untuk meningkatkan libido dan produksi sperma kambing peranakan etawa PE. Lapisan luar yang terbuat dari bahan plastik atau karet. Melalui kegiatan IB, penyebaran bibit unggul ternak sapi dapat dilakukan dengan murah, mudah dan cepat, serta diharapkan dapat meningkatkan pendapatan para peternak.

Perkawinan yang dilakukan dengan menggunakan teknologi IB, memungkinkan seekor pejantan untuk mengawini lebih banyak betina daripada perkawinan alami yang dapat dilakukannya. Konsentrasi spermatozoa setiap ml sperma berada di atas standar kelayakan proses yaitu juta sel.

Produksi susu maksimal akan tercapai pada minggu ke 3 — 6 setelah beranak. Banyak jumlah anak yang dilahirkan, semakin tinggi produksi susu yang dihasilkan. Interval antara timbulnya suatu periode berahi ke permulaan periode berahi berikutnya dikenal dengan siklus berahi.Pakan diperlukan sebagai sumber protein dan energi bagi ternak jantan guna mempertahankan stamina, meningkatkan libido dan produksi sperma.

Stamina yang baik dan libido yang tinggi akan menjamin. Berat badan yang kurang, terutama dengan kadar lemak tubuh yang rendah (kurang dari 10%), dapat mempengaruhi fungsi penting ovarium untuk bisa hamil.

Penanganannya adalah dengan menghentikan penurunan berat badan, atau mengkonsumsi obat-obatan untuk memperbaiki keseimbangan hormon. · Setelah membaca uraian ini, para pembaca akan mengetahui dan memilih ternak bakalan yang baik serta mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan dan pertumbuhan ternak yang baik mulai dari bobot lahir, umur induk, produksi air susu induk,dll.

Pertumbuhan yang lambat ini sejajar dengan pertumbuhan berat badan sewaktu hewan berangsur dewasa. B. Hormone dan Pubertas Pertumbuhan dan perkembangan organ – organ kelamin betina sewaktu pubertas dipengaruhi oleh hormone – hormone gonadotropin dan hormone – hormone robadarocker.com: CAMPUS FAPET UNJA.

HUBUNGAN PENCAPAIAN BERAT BADAN PADA MASA PULLET DENGAN PERIODE PRODUKSI TELUR

Waktu penyinaran ini mempengaruhi sifat mengeram, dewasa kelamin, periode bertelur, produksi telur dan tingkah laku sosial perkawinan (Nesheim et al., ).

Penerimaan cahaya pada ayam akan mengakibatkan rangsangan terhadap syaraf pada syaraf optik, yang dilanjutkan oleh syaraf reseptor ke hipothalamus untuk memproduksi hormone releasing factor (HRS).

Penyakit pada ternak mempunyai pengaruh yang sangat nmerugikan. pada sapi perah, penyakit seperti mastitis, ketosis, milk fever, dan ganguan pencernaan mempengaruhi produksi susu dan bahkan dapat menyebabkan kematian.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan Ternak

Bahwa untuk melalukan hal ini maka kita harus melakukan pencegahan.

Berat badan ternak mempengaruhi produksi sperma
Rated 5/5 based on 86 review